Unpad “Great Speaking Strategy”

Public Speaking semakin diminati kalangan mahasiswa Kota Bandung . Menjelang akhir tahun 2010 ini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dan Tantowi Yahya Public Speaking School menggelar seminar bertema ” Great Speaking Strategy ” dengan pembicara utama Wanda Hamidah & Clint Willfred Tetelepta. Acara yang diadakan pada tanggal 13 November di Aula Utama Rektorat Unpad JL. Dipati Ukur 35 Bandung, didukung oleh media cetak Jawa Barat, seperti Harian Tribun Jabar dan Harian Republika. Peserta seminar kali ini terdiri dari mahasiswa-mahisiswi berbagai Universitas di Kota Bandung dan juga kalangan profesional lainnya.

Menurut Ketua Panitia, Rudolfo Sinambela, salah satu motivasi mereka mengadakan pelatihan komunikasi seperti ini karena mereka  kelak, sebagai praktisi hukum perlu memiliki communication skill yang baik untuk mengedukasi perihal hukum kepada masyarakat .

Tentu saja alasan panitia penyelenggara Seminar ” Great Speaking Strategy ” didukung penuh oleh Wanda Hamidah, yang notabene saat ini beliau merupakan seorang aktris, pakar hukum dan politisi muda. Dengan background pendidikan S1 di Fakultas Hukum Trisakti, dilanjutkan S2 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Wanda tahu benar pentingnya komunikasi, baik dalam kegiatan perkuliahan maupun dalam bidang profesi nya sekarang.

Untuk itu, Wanda Hamidah dalam kesempatan kali ini memberikan banyak pengalaman dan ilmunya dalam bidang komunikasi.  Dengan materi   ” How To Be A Great Public Speaker”,  Wanda Hamidah memberikan tips-tips bagaimana menjadi seorang pembicara yang baik.

Tidak terlalu sulit untuk menjadi seorang komunikan yang baik ujar Wanda,  yang diperlukan adalah persiapan dan keyakinan. Wanda juga menjelaskan,  ketika kita yakin kita akan percaya diri.  Rasa percaya diri untuk dapat  berbicara mulai dipupuk saat Wanda masih studi di Trisakti, Wanda  mulai aktif dalam organisasi mahasiswa dan memberanikan diri untuk Speak Up , Not Only Talk !! Wanda tidak cuma berbicara tapi berkomunikasi untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada teman-temannya untuk melakukan demo kepada pemerintah terkait dengan peristiwa Trisakti, 13 Mei saat itu. Wanda juga menghimbau kepada seluruh peserta seminar dan mahasiswa-mahiswi Kota Bandung untuk aktif mengikuti berbagai kegiatan dan mulai berani berperan aktif dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau tampil ke depan  berbicara di dalam setiap kegiatan.

Di sesi ke dua, Mas Ken panggilan akrab Clint Willfred, memaparkan elemen-elemen komunikasi yang terangkum dalam materi “General Public Speaking “  . Seorang pembicara harus memiliki kecakapan verbal, tata bahasa dan pemilihan kata yang tepat, kalimat yang efektif dan efisien, tehnik vokal yang baik, serta gestur yang maksimal. Postur  , gerakan tangan, kontak mata, dan ekspresi muka harus menimbulkan makna positif. Mas Ken mengajak peserta seminar untuk praktek dan simulasi. Seluruh peserta antusias hingga seminar ” Great Speaking Strategy ” ditutup oleh MC.

Terima kasih banyak untuk seluruh pihak, BEM FH Unpad sebagai  panitia penyelenggara, Narasumber seminar : Wanda Hamidah & Clint Willfred Tetelepta, serta media cetak Harian Tribun Jabar & Republika yang telah mendukung acara. Juga kepada seluruh peserta seminar yang luar biasa .

Sampai ketemu di seminar public speaking tahun depan, dengan materi yang tak kalah menarik. Sukses untuk kita semua !!!